Cara Menginstall Gnome Pomodoro Timer di Ubuntu Lengkap Dengan Cara Mengatasi Errornya


Jika anda belum tahu apa itu Pomodoro, Pomodoro adalah sebuah teknik produktifitas yang paling populer yang diciptakan oleh Francesco Cirillo, kata pomodoro berasal dari Italia, yang berarti tomat, dinamakan demikian sebab dulu cirillo membuat sebuah timer berbentuk tomat untuk mengelola waktunya.

Konsep Pomodoro ini sederhana saja, anda membagi waktu menjadi 3 sesi, sesi pertama: 25 menit untuk bekerja (work), sesi kedua: 5 menit untuk beristirahat (break) dan sesi ketiga: 15 menit untuk beristirahat panjang (long break) setelah melewati beberapa kali sesi work (2 - 4 kali).

Nah, jadi suatu hari saya ingin menginstall aplikasi pomodoro ke laptop saya (Ubuntu LTS 16.04), padahal saya sudah menginstallnya sesuai arahan di situs resmi, namun ternyata ketika saya install, aplikasinya error, saya langsung kalang kabut karena di notifikasi laptop muncul pesan error, maklum kala itu masih pemula di lingkungan linux.

Saya pun mencoba meng-google pesan errornya namun tidak menemukan jawaban yang pasti dan akhirnya saya menyerah dan mencoba memahami pesan error yang disampaikan sistem kepada saya, setelah saya mencoba meng-ekstrak kata-perkata yang muncul di pesan error, dan mencoba mengklasifikasi kata mana yang bisa dijadikan keyword untuk di-google, akhirnya saya berhasil menemukan solusinya.

Caranya gampang saja, pertama download dulu aplikasinya di situs resminya (gnomepomodoro.org), setelah itu download paket dependen untuk aplikasi tersebut.

di terminal, ketik :

sudo apt-get install gnome-shell-pomodoro
sudo apt-get install desktop-base
sudo apt-get install telepathy-haze
sudo apt-get install fonts-droid (optional)
sudo apt-get install libgirepository1.0-dev

setelah prosesnya selesai, rubah nama file yang anda download tadi menjadi gnome-pomodoro.deb supaya tidak bersusah payah untuk menulis nama filenya di terminal.

di terminal, ketik :

sudo dpkg -i gnome-pomodoro.deb

nah setelah proses instalasi selesai, biasanya sistem akan memunculkan pesan error di notifikasi,  nah untuk mengatasinya silahkan ketik di terminal :

sudo dpkg -i --force-overwrite gnome-pomodoro.deb
sudo dpkg -i gnome-pomodoro.deb

selesai! sekarang anda bisa menggunakan aplikasi pomodoro dengan nyaman!